ads

Iklan

Cara koneksi Database Mysql ke Android Device




Sebelum  kita mengetahui bagaimana Cara untuk koneksi Database Mysql ke Android Device, mari kita kenal dulu apa itu database MySql dan Android.

Menurut Wikipedia MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (Bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multiuser, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public Licence (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, di mana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, di mana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larson, dan Michael "Monty" Widenius.

Cara koneksi Database Mysql ke Android Device

Dalam pembuatan aplikasi tentunnya membutuhkan database untuk menyimpan data yang kemudian diolah sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah pembuatan aplikasi Android yang terhubung dengan database MySql. Penulis menulis artikel ini karena sempat kesulitan untuk koneksi Android Device dengan database MySql. Kenapa penulis menggunakan Android Device bukan menggunakan emulator karena menurut penulis Android Device lebih cepat proses running / build project dibanding dengan emulator android semacam Genymotion atau AVD bawaan IDE,  khususnya saat menggunakan Android Studio. Untuk cara koneksi Android Device ke database MySql disini saya memanfaatkan koneksi wireles atau hotspot dari android ke PC. Sebelum masuk ke tutorial pastikan PC sudah terinstal Xampp atau Wampp.

Langkah-langkahnya :

1. Siapkan PC dan Android Device
2. Setel  Mode On Hotspot pada Android Device
3. Matikan antivirus, caranya masuk ke kontrol panel kemudian Turn off Windows firewall pada Public network setting saja. Control Panel\System and Security\Windows Firewall\Customize Settings



4. Sambungkan Wi-Fi PC ke Hotspot Android Device



5. Buka CMD, caranya tekan tombol windows kemudian ketik cmd klik cmd (pada windows 8/8.1)

ketikan ipconfig, kemudian tekan enter



cari IPv4 Address pada Wireless LAN adapter Wi-Fi. Contoh disini IP address PC adalah 192.168.43.184




setelah terkoneksi buka browser pada Android Device kemudian ketikan ip adress tadi yang diperoleh, 192.168.43.184. Hasilnya adalah seperti gambar di bawah



Setelah tampil Xampp di Android Device, artinya PC sudah tersambung dengan MySql. Sekarang Agan bisa membuat aplikasi Android MySqlnya. Selamat Mencoba :)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. gan, ane udah coba. tetapi waktu search ip di browser, gak nongol tu xampp ??
    gimana ya gan ?

    ReplyDelete

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”